Senin, 02 Maret 2009

Sekedar Informasi (kangkung)

Wong ndeso atau orang kota semua tau kangkung, bukan aja sekedar tau, malah pernah metilin kangkung dan makan sayur kangkung.

kangkung banyak manfaatnya selain untuk tengkrengan bancet ternyata kangkung bisa untuk peluruh perdarahan, diuretik (pelancar kencing), antiradang, dan sedatif (penenang/obat tidur) karena kangkung memiliki sifat anti racun. Jadi selain enak ditumis, sayuran ini juga bisa dijadikan obat mimisan, haid terlalu banyak, sakit gigi, kencing tidak lancar dll.
Untuk obat mimisan, ambil kangkung truss di blender saring airnya campur sesendok madu trus diminum, cara ini juga bisa untuk mengurangi haid yang terlalu banyak.
Kalau untuk obat sakit gigi, ambil segenggam akar kangkung direbus dengan satu air gelas dan setengah sendok teh cuka. Setelah mendidih, dinginkan dan gunakan airnya untuk berkumur.
Untuk melancarkan air seni, segenggam akar kangkung direbus dengan satu gelas air dan tunggu hingga mendidih. Setelah dingin, minum air rebusan sekaligus.

Tapi, hati2 juga dengan kangkung. Seperti yang kita tau tempat hidup kangkung itu di lumpur, lain hal jika kangkung itu ditanam secara hydroponik.
Kenapa aku bilang hati2..?
Karena mungkin ada lintah yang numpang bobo' di batang kangkung tyuss termakan manusia dan lintah tersebut bisa tetep hidup di dalam lambung manusia itu, oh.. tidaakk..!!

Kedengerannya sih enggak mungkin tapi kadang2 logika bisa dikalahkan dengan hal2 yg ajaib.
Ada cerita yang aku baca dari beberapa blog bahwa ada anak kecil yang mati karena didapati lintah di dalam lambungnya, setelah di cari tau ternyata lintah tersebut terbawa dari kangkung yang dimakan, itu menurut seorang dokter yang menangani penyakit anak tsb.

Untuk yang doyan makan kangkung seperti aku ini tetep harus hati2.
Aku juga ngak pasti tentang kebenaran cerita itu tapi intinya kita harus jaga kebersihan makanan kita.

Tidak ada komentar: