Minggu, 01 Maret 2009

"Si Cantik Pemangsa"

Selain hewan pemangsa ternyata ada juga tumbuhan pemangsa, ah masa seehh..? hah tu kan.! aku juga baru tau. Tumbuhan ini di golongkan dalam jenis Tumbuhan Pemakan Serangga atau ilmiahnya insectivora.

Venus Fly Trap (Dionaea muscipula), itu nama si cantik tukang gigit ini. Tumbuhan yang aneh ini bisa menangkap serangga seperti kumbang, ngengat, lalat, dll, makanya tumbuhan ini di kasi nama fly trap.Venus Fly Trap memiliki daun yang berwarna hijau cerah dan tumbuh keluar dari dasar. Bagian dalamnya berwarna merah cerah.

Tangkai bunganya dapat tumbuh sepanjang 10-25 cm, pada saat musim semi dan tumbuh membentuk cluster bunga berwarna putih.

Ukuran trap (perangkap) nya tergantung dari pengambilan nutrisi dimana tempat dia tumbuh.

Venus Fly Trap memiliki satu set kelenjar yang terletak di dasar dekat struktur yang menyerupai rambut yang akan mulai bekerja mensekresikan attractant ketika trap membentuk sudut 90°, sehingga ketika ada serangga yang hinggap di antara rambut-rambut tersebut, maka trap tersebut akan menutup. Rambut2 yang sensitif itu ngak akan menutup hanya karna tetesan air, ternyata tumbuhan ini pintar juga. Didalam trap tersebut juga diproduksi cairan asam enzimatik yang akan menguraikan jaringan hidup, mengubahnya menjadi bentuk yang dapat dimakan oleh tanaman tersebut. Ketika proses pencernaan telah selesai maka trap akan membuka kembali, dan menyisakan struktur seperti rangka-sedangkan materi nitrogen telah digunakan oleh tanaman sebagai nutrisi.

Ketika daunnya menutup tanpa ada serangga didalamnya, maka daun akan membuka kembali dalam beberapa jam.
Ternyata tumbuhan ini ngak suka kalau di ganggu coba aja godain dia dengan benda2 misalnya lidi atau apalah maka dia akan membuka dan menutup lagi sampai beberapa kali. Ternyata dia pemarah juga loh...

Tidak ada komentar: